my life is a garden, where i plant the most beautiful flowers

A Beautiful Garden

Kaget!

Kamis, September 18, 2008 by Dr Pr


iya, bener2 kaget, terkejut, shock, apalah segala bentuk reaksi tubuh waktu denger atau tau sesuatu yang heboh..

jadi gini ceritanya, pagi ini, di kampus ada sesi small group discussion, since i take week about HIV, then my doctor invite a positive HIV woman whose two sons which one of them is positive as well! kasian juga sebenernya sama mbak itu, sebut aja mbak N yah. tapi dia ga keliatan sakit, malah sehat banget gitu, cerah lah pokoknya.

and you guys guess wat, she lives in Magelang! langsung deh, temen2 satu kelompok langsung meng-ha-hu-ha-hu-kan gw, biasa aja kale jah! dia cerita banyak gitu tentang seluk beluk kehidupan HIV di Magelang, ternyata banyak juga, ada sekitar 29 orang..wah wah..

dan yang lebih shock lagi, daerah tempat gw tinggal, Menowo, is a sarang buat para bandar narkoba!O my goshhhh (cinta laura pasti kalah gaya nih..)..

mbak N juga cerita, kalo di Magelang juga ada komunitas gay yang lumayan gede, wah.. ga nyangka aja gitu, dan salah satunya menurut mbak N, positive HIV, sepulang dia dari Bali, en umur cowok ini baru belasan. tapi sampe detik ini, mbak N belum bisa nyari dimana si cowok itu, kan bahaya kalo dia ga sadar tentang dirinya sendiri, bisa2 dia nularin ke yang lain..

sebetulnya sih, kalo tadi mendengar kuliah dari dr. Bambang, penularan HIV yang paling banter itu malah di pengguna jarum suntik narkoba yang bergantian! gimana ga coba, secara jarum itu langsung masuk ke pembuluh darah, jadinya lebih cepet berkembang. yang kedua adalah melalui hubungan heteroseksual, dan beliau juga nambahin, sebenarnya jumlah penderita HIV dari kalangan gay malah ga begitu banyak, karena sebagian besar dari mereka lebih sadar diri akan bentuk hubungan seksual yang aman! salut!!!!

tapi tetep aja, gw kaget, ternyata Magelang ga setentrem yang gw kira, ada gejolak (ceilah...) yang sedang bergelora (bung karno kale..) di bawah kehidupan kota harapan ini!

yang kasihan si sebetulnya para HIV positive yang dapet penyakit ini dari orang lain, seperti mbak N, dia ditularin dari suaminya, tapi dia bisa nerima dengan baik! nah, sekarang, bisa ga seh kita nerima mereka bukan malah mendiskriminasi??

HIV/AIDS itu cuma nular lewat cairan tubuh, seperti darah, sperma, cairan vagina gitu. di ludah itu jumlahnya ga signifikan! butuh satu ember ludah kale buat kamu ketularan, itu pun kalo lu ciuman sama mereka and mulut lu ada lukanya! so salaman, pelukan, cepika cepiki, makan bareng, minum dari gelas yang sama itu ga masalah!

iya sih, walopun HIV belum ada obatnya, tapi penyakit ini bisa dimanage! alias gimana caranya supaya si pasien bisa bagus kualitas hidupnya, bisa umur panjang lah! ada loh yang bertahan sampe 25 tahun lebih! dan dia ga minum obat lagi, cuma dia menjaga pola hidup yang baik pastinya!

sama kayak flu, diabetes, hipertensi, penyakit2 itu juga ga ada obatnya, tapi bisa ditanganin!so, kita jangan stigma jelek deh ke mereka yang HIV positive, kan kasian. mereka sama kayak kita juga, manusia, butuh temen, butuh komunikasi..

ok2, besok gw mau ke Kebaya, ada field trip gitu. jadi Kebaya itu shelter buat marginal people, alias orang2 yang disingkirkan dari masyarakat, seperti waria gt..
so gw kasih ceritanya besok!

Filed under having  

2 komentar:

misskepik mengatakan...

wehhh

kok menowooooo

hus hus hus

*pergi-kedokter-cek-cek

Larc ST mengatakan...

dhyka g tw carax... hiks3- ntar ajarin dgh !