my life is a garden, where i plant the most beautiful flowers

A Beautiful Garden

Kebaya Field Trip

Jumat, September 19, 2008 by Dr Pr


Hari ini, the last day of my HIV week, gw sama 11 temen yang lain, bareng dr. Yanri juga, field trip ke Kebaya, alias Keluarga Besar Waria Yogyakarta. Organisasi ini, dibuat oleh waria buat para waria gitu, ketuanya namanya Mami Vi, orangnya baeeekkkk bgt!

n yang pasti kita amaze banget tadi liat langsung keadaan mereka disana, mereka ternyata beda ama yang apa gw pikirin selama ini, yang waria itu serem atau apalah. Yang ada mereka ramah2 banget, n sangat welcome ke orang2 yang mau tau lebih tentang hidup mereka.

tadi itu kita ketemu sama, Mami Vi, Mbak Ruly, Tika, n beberapa temen2 waria yang lain, gw lupa namanya sapa aja, hehe muup ya jeng!

mereka cerita tentang gimana susahnya perjuangan mereka untuk nglawan diskriminasi yang ada selama ini. baik dari masyarakat, agama, bahkan pemerintah juga. dan gw jujur, salut banget sama mereka! hebat2!!!

trus yang bener2 buka mata, ketika dr. Yanri cerita, tentang teman sejawat dia juga yang seorang dokter, yang diskriminasi dalam memberikan layanan kesehatan ke waria yang postivie HIV. kurang lebih gini dialognya..

temen dokter : udah,biarin aja ga usah diurus, kena HIV salah sendiri jual diri

dr. Yanri : kamu kok bisa2nya ngomong gitu, emg dia jadi seperti itu karena siapa? kita2 juga! apalagi yang bisa dia lakuin selain ngamen atau jual diri? kamu mau jadiin dia sekretaris kamu? kasih kerjaan yang layak? jadi jangan pernah nyalahin mereka! kita harus introspeksi diri!


wuih..ternyata dibalik muka yang lembut, dr. Yanri tegas banget masalah begini! keren banget deh pokoknya! nanti kalo ga udah jadi dokter, insyaallah gw juga mau jadi dokter seperti itu, ga diskriminasi sama siapaun yang minta pertolongan gw! (tekad.....)

temen2 juga harus gitu, jangan menutup mata sama hal yang satu ini. Waria itu ada, dan eksis di masyarakat kita. kita jangan semena2 menolak mereka. kita harus tahu, apa sih waria itu? siapa mereka? dengan begitu kita bisa lebih bijak..

teman2 yang ada di kebaya misalnya, walaupun mereka ditolak masyarakat, mereka tetep berjuang. mereka buka salon, buka toko kelontong juga. bahkan mbak Tika itu, nerima jahitan sama belajar masak loh! luar biasa kan? belum tentu orang2 yang bialng diri mereka lurus2 aja bisa berguna seperti itu..

karena gw selalu percaya, apapun, siapapun jadinya diri kita, asal kita berguna, at least buat diri sendiri, dan ga merugikan orang lain, maka orang itulah yang gw bilang berhasil dalam hidupnya!

so, buka mata, buka hati, buka pikiran!

Filed under having  

0 komentar: